Manfaat Tidur Miring ke Kanan

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia. Dengan tidur, tubuh beristirahat agar keesokan harinya bisa segar kembali. Dalam islam, tidur hukumnya boleh atau mubah, namun bisa menjadi sunnah dan bernilai ibadah apabila disertai dengan amalan-amalan sunnah sesuai dengan ajaran Nabi. Salah satu cara tidur yang dicontohkan Nabi SAW adalah tidur miring ke kanan. Seperti dalam hadits berikut, “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Hadits ini telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Ternyata dunia kesehatan modern saat ini menemukan fakta bahwa tidur miring ke kanan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengistirahatkan Otak Kiri

Otak manusia mempunyai dua bagian besar penting. Yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kanan berperan dalam hal analisis dan berimajinasi. Sedangkan otak kiri berperan dalam hal perhitungan (eksak). Waktu istirahat untuk otak adalah pada saat tidur. Tidur posisi miring ke kanan akan membantu otak kiri untuk beristirahat. Sehingga, pada saat bangun tidur, otak kiri menjadi lebih segar.

Melancarkan Buang Air Besar (BAB)

Bagi anda yang susah buang air besar, tips tidur ala Rasulullah ini patut dicoba. Pada saat tidur miring ke posisi kanan, proses pengisian di usus besar sigmoid menjadi lebih cepat. Sehingga, sekitar 30 menit setelah bangun tidur, perut biasanya akan memberikan sinyal ingin BAB.

Meringankan Kerja Lambung

Membiasakan tidur miring ke kanan, membuat kerja lambung menjadi lebih longgar. Selain itu, tidur miring ke kanan juga akan membantu proses pengeluaran ampas makanan-minuman.

Selain tiga manfaat diatas, ada juga beberapa manfaat yang lain, antara lain Meningkatkan pengosongan kandung empedu, dan pancreas, meningkatkan waktu penyerapan zat gizi, mengistirahatkan kaki kiri, menjaga kesehatan paru-paru, menjaga saluran pernafasan.

Leave a Comment