Kumpulan Gambar Orang Sujud yang Mengagumkan

Dalam ayat terakhir surah Al-‘Alaq, Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “wasjud waqtarib.” Sebuah ayat yang berisi perintah, dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada-Ku). Maknanya gamblang dan jelas, bahwa bersujud merupakan suatu sarana dalam ber-taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah.

Ditinjau dari nilai-nilai psikologis, posisi sujud adalah rukun sholat yang memiliki nilai keutamaan yang lebih tinggi ketimbang gerakan atau rukun sholat yang lainnya.

Saat bersujud adalah saat di mana seorang hamba betul-betul merendah, menunjukkan kerendahannya di hadapan sang Ilahi Rabbi.

Pada saat kita bersujud, posisi kepala kita berada di tanah. Lebih rendah dari dada, lebih rendah dari perut, bahkan lebih rendah dari dubur. Ada nilai filosofis yang besar yang terkandung di dalam gerakan sujud.

Apabila diibaratkan kepala itu sebagai tempatnya akal, pikiran, atau rasionalitas, sementara dada itu adalah tempatnya hati (qalb), pada saat kita bersujud, posisi akal pikiran kita berada lebih rendah dibandingkan dengan posisi hati (qalb atau qalbu) kita.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam bersabda di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,

أقرب ما يكون العبد الى الله عزوجل اذا سجد, فاكثروا الدعاء عند ذلك

“Jarak paling dekat antara seorang hamba dengan Allah SWT adalah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah doa pada saat yang demikian.”

Di bawah ini adalah kumpulan gambar orang sujud yang mengagumkan.

Gambar Orang Sujud di Depan Ka’bah

Gambar Orang Sujud di Masjid

Gambar Orang Sujud di Luar Ruangan

gambar orang sujud

Gambar Anak Kecil Sujud

gambar orang sujud

Gambar Hewan Sujud

Hakikat dari Sujud

Dari etimologi kebahasaan, sujud berarti tunduk dan khudu’, merendah, serta cenderung. Namun secara istilah, sujud bermakna meletakkan sebagian dari kening ke atas tanah tanpa penghalang.

Kesempurnaan Sujud

Meletakkan kedua lutut, telapak tangan secara keseluruhan, kedua telapak kaki, kening bersamaan dengan hidung. Para ahli fiqih bersepakat bahwa sujud yang sempurna pada tujuh anggota tubuh. Ketujuh anggota tubuh itu adalah:

  • kening
  • kedua telapak tangan
  • kedua lutut
  • kedua bagian telapak kaki

Pada saat bersujud, wajah, sebagai bagian tubuh yang paling tinggi dan paling terhormat, diletakkan di bawah sehingga sejajar dengan telapak kaki. Ini menyimbolkan kerendahan diri kita untuk di hadapan Allah SWT.

Leave a Comment