Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Nanas adalah buah tropis yang berasal dari negara Brazil. Buah ini memiliki kulit berwarna kuning dengan sisik di bagian luar dan daun panjang berduri di atasnya. Dalam bahasa Inggris, buah ini dikenal dengan nama pinneapple karena bentuknya mirip pohon pinus.

Di Indonesia, buah nanas ditanam di perkebunan dan diambil buahnya. Subang adalah kota penghasil buah nanas terbesar di Indonesia. Rasa buah yang manis asam segar membuat orang-orang menyukai buah nanas. Selain dimakan langsung, nanas dapat diolah menjadi manisan, selai dan sirup. Nanas dapat disajikan untuk campuran rujak.

Selain rasanya yang segar, terdapat manfaat buah nanas untuk kesehatan. Anda dapat melihat kandungan dari buah nanas dalam penjelasan berikut ini:

1. Mengobati Radang Tenggorokan

Buah nanas dapat mengatasi radang tenggorokan. Caranya adalah siapkan buah nanas yang sudah matang, lalu kupas dan cuci bersih. Potong-potong kemudian dijus/diparut. Lalu peraslah dengan menggunakan kain. Minum air perasan 3x sehari, masing-masing 1/3 bagian dari air perasan tadi.

2. Mengatasi Lambung terasa Penuh

Bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan, Anda dapat menggunakan buah nanas sebagai obat untuk mengatasi lambung terasa penuh. Caranya, minumlah jus nanas sebnayak 150 cc sebelum makan, tiga kali sehari.

3. Mengobati Beri-beri

Buatlah air perasan dari 2 buah nanas. Minumlah secara teratur pagi atau siang hari setelah makan. Ramuan ini dapat mengobati penyaki beri-beri.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Nanas mengandung kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Konsumsi nanas atau minumlah jus nanas agar tekanan darah Anda turun.

5. Antioksidan dan Menghaluskan Kulit

Nanas mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi aktioksidan dan menghaluskan kulit Anda. Anda dapat menjadikan nanas sebagai sumber vitamin C sehari-hari.

6. Menghilangkan Ketombe

Siapkan air perasan nanas yang sudah masak, saring. Kemudian campur dengan air perasan jeruk nipis. Aplikasikan pada kulit kepala yang beretombe sebelum tidur, kemudian paginya dikeramasi. Lalkukan secara teratur 2-3 kali seminggu hingga ketombe hilang.

7. Menyembuhkan Luka

Selain enak dikonsumsi, ternyata buah nanas juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka luar seperti luka bakar. Caranya, kupas nanas kemudian cuci bersih. Parut nanas hingga halus lalu balurkan ke  bagian kulit yang terluka.

Itulah manfaat dari buah nanas untuk kesehatan tubuh Anda. Namun perlu diwaspadai bahwa ibu hamil dilarang mengonsumsi buah nanas/air perasan buah nanas karena dapat berakibat buruk pada kehamilan.

Leave a Comment