Obat Alami untuk Alergi

Alergi merupakan respon dari sistem imun tubuh dalam merespon alergen. Kadang alergen ini bukan suatu zat yang berbahaya bagi tubuh, tapi oleh sistem imun dianggap sebagai suatu hal yang berbahaya. Maka muncullah reaksi alergi. Respon tubuh terhadap alergi pun bermacam-macam, mulai dari biduran, kulit meradang berwarna merah, hingga gatal yang tidak bisa ditahan.

Bagi anda yang sering mengalami alergi, dibawah ini ada beberapa obat alami dari alam yang bisa digunakan untuk mengobati alergi:

Daun Salam

Caranya adalah dengan ambil beberapa lembar daun salam yang masih segar. Bukan yang sudah kering. Daun salam yang masih segar biasanya dijual di pasar-pasar tradisional. Daun salam segar ini dicuci lalu ditumbuk kasar. Tumbukkan ini lalu letakkan pada bagian tubuh yang gatal akibat alergi.

Temu Ireng

Tanaman ini sejenis kunyit namun berwarna hitam. Bagi masyarakat desa, biasnaya temu ireng digunakan untuk jamu penambah nafsu makan pada anak-anak. Cara penggunaan untuk alergi adalah dengan menghaluskan temu ireng dan kunyit. Hasilnya kemudian dioleskan pada kulit yang terasa gatal. Laukan ini sebanyak tiga kali sehari.

Jahe

Selain untuk minuman penghangat tubuh, jahe juga bisa digunakan untuk mengobati alergi pada kulit. Caranya dengan menyiapkan 15 gram jahe, 30 cc cuka beras putih, dan gula merah secukupnya. Ketiga bahan diats direbus dalam air sebanyak 400 cc. Rebus sampai air tinggal setengahnya. Minum jamu ini secara rutin dan teratur.

Leunca

Pada beberapa daerah ada yang menyebutnya sebagai terong pokak. Bentuknya kecil-kecil berwarna hijau. Kalau sudah matang berwarna kuning. Daunnya seperti daun terong pada umumnya. Cara menggunakan leunca untuk obat alergi adalah dengan menghaluskan leunca dan oleskan pada bagian kulit yang terasa gatal.

Leave a Comment