Manfaat Buah Melon untuk Mencegah Kanker

Siapa tak kenal buah melon? Bentuknya yang bulat dengan ciri khas kulit berpola-nya membuat buah ini mudah dikenali di pasaran. Melon (Curucumus melo) masih termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Buah ini masih bersaudara dnegan buah labu, semangka dan blewah. Daging buahnya berwarna kuning, oranye, atau hijau muda.

Selain rasanya segar dan manis, melon memiliki khasiat dahsyat sebagai pencegah penyakit kanker. Hal ini berkaitan dengan kandungan karotenoid dalam buah melon yang terbukti mencegah kanker seperti kanker paru-paru dan kanker payudara. Selain itu, melon mengandung lycopen yang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Selain itu, melon masih memiliki segudang manfaat, antara lain:

1. Sumber Vitamin C dan Antioksidan

Melon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang telah kita ketahui, vitamin C bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh sekaligus sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C dapat memerkuat tulang dan gigi.

2. Nutrisi Mata

Buah melon mengandung vitamin A yang dapat membuat mata menjadi sehat. Kandungan betakarotennya akan diubah dalam tubuh menjadi vitamin A yang dapat meningkatkan fungsi mata dan mempertajam penglihatan.

3. Menurunkan Hipertensi

Melon kaya akan mineral kalium yang bermanfaat sebagai penstabil tekanan darah. Mengonsumsi melon dapat menurunkan hipertensi dan menyehatkan jantung.

4. Pencegah Stroke

Kandungan adenosin dalam buah melon dapat mencegah penyakit stroke. Adenosin dapat mengatasi penggumpalan darah yang dapat menjadi pemicu stroke.

5. Baik untuk Diet

Mengonsumsi melon dapat menurunkan berat badan karena rendah kaori dan rendah lemak. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi dapat membuat pencernaan Anda menjadi sehat dan bersih.

Demikian khasiat buah melon untuk melawan kanker dan berbagai jenis penyakit lainnya. Jadikan melon sebagai menu harian Anda dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba!

Leave a Comment