Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Pisang adalah jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Harganya relatif terjangkau kantong masyarakat sehingga buah pisang populer sebagai buah yang merakyat. Pisang enak disantap langsung atau diolah menjadi kudapan seperti pisang gorang, pisang cokelat., hingga keripik pisang. Rasanya yang manis membuat buah ini digemari banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Jika Anda salah satu orang yang rutin mengonsumsi pisang, Anda dapat memetik manfaat kesehatan dari buah berwarna kulit kuning atau hijau ini. Apa saja manfaat buah pisang bagi kesehatan? Simaklah penjelasannya berikut ini.

1. Sumber Energi Instan

Pisang mengadung karboidrat dan gula yang dapat menyuplai energi instan bagi tubuh, sehingga Anda akan mendapat asupan energi setelah mengonsumsi pisang. Selain itu, pisang mengandung zat potasium yang dapat melancarkan aliran darah ke otak. Pisag dapat memberi “makanan” bagi otak, sehingga dapat mencegah penyakit fatal seperti jantung dan stroke.

2. Baik untuk Ibu Hamil

Pisang diperkaya dnegan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang mangandung. Asam folat mencegah bayi terlahir cacat dan membuat sang ibu rileks. Kandungan kalori dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin dan mineral membuat pisang menjadi buah yang sehat dikonsumsi oleh ibu hamil.

3. Melindungi Fungsi Jantung

Pisang mengandung beberapa nutrisi penting yang dapat melindungi fungsi jantung dari kerusakan. Pisang mengandung flavonoid dan vitamin C yang bermanfaat untuk menghambat oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Mineral penting lainnya adalah kalium, dimana kalium dapat menyehatkan jantung. Zat yang tak kalah penting, kandungan serat pektinnya dapat menurunan kolesterol sehingga mengonsumsi buah pisang dapat melindungi jantung Anda.

4. Mengatasi Anemia

Pisang mengandung zat besi yang baik untuk mengatasi penyakit anemia. Jika Anda mengalami anemia, segera makan buah pisang untuk mengembalikan kesehatan Anda.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kalium dalam buah pisang dapat menstabilkan tekanan darah. Kalium dapat menjaga keseimbangan cairan elektrolit dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi stabil.

Masih banyak lagi manfaat buah pisang bagi kesehatan, seperti mengatasi maag, menyembuhkan jerawat, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi rasa sakit/nyeri saat haid.

Bukan hanya buahnya, kulit pisang juga dapat dimanfaatkan untuk menyembhkan gatal akibat gigitan serangga dan menyembuhkan luka bakar. Anda ingin mencobanya?

Leave a Comment