Tips Mengobati Panu secara Alami

Tentu kita tidak ingin pergaulan kita terganggu karena panu yang ada di kulit. Penyakit kulit satu ini memang sama sekali tidak keren, apalagi di zaman serba bersih seperti saat ini. Bukan hanya terganggu dengan gatal yang menyerang saat berkeringat, namun juga malu apabila ada teman kita yang tahu bahwa kulit kita panuan.

Panu dalam bahasa ilmiah disebut dengan Pitriyasis versikolor. Penyakit kulit satu ini bisa menyerang dada, lengan, leher, kaki dan lain sebagainya. Munculnya panu ditandai dengan timbulnya bercak disertai rasa gatal. Panu biasanya akan menyebabkan bercak berwana putih, coklat, atau merah tergantung warna kulit.

Selama ini, masyarakat sudah terbiasa untuk menggunakan obat pabrikan untuk membasmi panu, padahal sebanrnya ada ‘ramuan’ alami yang bisa digunakan untuk membasmi jamur kulit ini. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membasmi panu.

Bawang Putih

Cara penggunaannya adalah dengan cara menggosokkan potongan bawang putih ke kulit yang terjangkit panu. Lakukan hal ini secara rutin agar panu cepat hilang.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis selain dapat digunakan sebagai minuman penghilang batuk, juga dapat digunakan sebagai obat penghilang panu di kulit. Caranya adalah dengan menumbuk halus jeruk nipis dan belerang secukupnya. Lalu gosokkan campuran ini ke kulit yang panuan. Lakukan hal ini rutin setelah mandi.

Belimbing

Cara penggunaannya dengan menumbuk belimbing sampai halus. Lalu campurkan tumbukkan belimbing dengan kapur sirih secukupnya. Oleskan pada daerah kulit yang terkena panu.

Lengkuas

Pada beberapa daerah, rempah ini sering disebut dengan laos. Bentuknya seperti jahe namun lebih besar. Selain untuk bumbu dapur, ternyata lengkus dapat digunakan untuk mengobati panu yang ada di kulit. Cara penggunaannya mudah, pilih lengkuas yang besar dan banyak airnya. Parut lengkuas dan oleskan hasil parutan tadi pada kulit yang panuan.

Leave a Comment