Mencegah Timbulnya Alergi Kulit

Alergi merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan rangsangan imun yang sangat kuat pada alergen pemicu alergi. Alergen biasanya tidak berbahaya bagi tubuh, namun karena system imun yang salah menangkap responnya, menyebabkan, alergen dianggap hal yang membahayakan tubuh.

Salah satu jenis alergi yang sering dialami oleh masyarakat adalah alergi kulit. Alergi kulit atau dermatitis atopik atau dermatitis kontak alergik bisa muncul pada orang yang terkena alergi pada bahan-bahan tertentu. Gejala alergi biasnaya kulit meradang, bengkak, merah, biduran, sampai gatal-gatal yang tidak bisa ditahan.

Cara mengatasi alergi kulit secara alami dimulai dengan mendiagnosa terlebih dulu apa sebab alergi. Ada alergi yang disebakan karena debu, udara dingin, atau suatu bahan makanan. Setelah itu baru bisa ditentukan bagaimana cara mengatasinya. Namun sebelum muncul alergi yang berlebihan, ada baiknya melakukan pencegahan. Beberapa cara berikut dapat digunakan untuk mencegah timbulnya alergi:

Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Rumah tidak bisa menjamin kita akan terhindar dari penyebab alergi. Sebab allergen bisa kita temukan dirumah sendiri. Misalnya dari rak buku yang jarang dibersihkan sehingga banyak debu dan kutu buku. Bagi yang alergi terhadap debu, kebersihan rumah harus sangat dijaga.

Mengatur Temperatur Ruangan

Suhu yang tepat dapat menghambat pertumbuhan kutu buku. Selain itu, bagi penderita alergi dingin, suhu sangat berpengaruh terhadap timbulnya alergen. Selain pengaturan suhu, menjaga rumah agar tetap sehat adalah dengan menggunakan cat tembok yang anti jamur. Hindari penggunaan karpet atau lantai kayu, karena keduanya mudah menyerap debu. Kayu juga mudah ditumbuhi jamur yang dapat menimbulkan alergi.

Gunakan Penyaring Udara

Bagi yang menggunakan AC, usahakan pilih Ac yang menggunakan penyaring udara. Kalaupun sudha terlanjur menggunakan AC yang biasa, bisa ditambahkan penyaring udara pada ventilasi AC.

Kurangi Konsumsi Makanan Pemicu Alergi

Hal ini penting untuk penderita alergi terhadap jenis makanan tertentu. Beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya alergi antara lain susu, telur, seafood, kacang-kacangan, dan makanan lain tergantung maisng-maisng orang. Pola diet dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur dapat mengurangi resiko alergi menjadi lebih sedikit.

Jangan Digaruk, Gunakan Bedak

Pada beberapa penyakit tertentu seperti cacar air, setelah cacar kering  biasanya akan muncul reaksi gatal-gatal. Untuk mengurangi gatal tersebut dapat digunakan bedak anti gatal.

 

Leave a Comment