Tips Memilih Jas Hujan yang Baik

Musim penghujan membuat sebagian dari kita harus menyiapkan ‘bekal’ untuk menghadapi derasnya air hujan. Kewajiban untuk bekerja di luar rumah, undangan, janji bertemu klien, atau sekedar ke swalayan untuk beli bahan makanan mau tak mau membuat kita menyiapkan yang namanya jas hujan. Terutama untuk yang berkendara motor.

Inilah pentingnya ntuk memilih jas hujan yang baik, agar aktivitas Anda lancar dan tidak kebasahan saat meluncur ke tempat tujuan. Apa saja tips untuk memilih jas hujan tersebut? Ada baiknya kita simak tipsnya berikut ini.

Pilh Model yang Tepat dan Aman

Mengenakan jas hujan model ponco atau kelelawar beresiko masuk ke jeruji roda. Bagian belakang jas hujan ini juga seringkali membuat pandangan pengendara lain jadi terhalang saat tertiup angin. Sebaiknya Anda menghindari model jas hujan yang satu ini. Lebih amannya, gunakan jas hujan model setelan (atasan dan bawahan). Untuk perempuan, Anda bisa menggunakan yang bawahannya model rok.

Bahan Jas Hujan

Gunakan bahan jas hujan dari PVC yang lebih kedap air dibandingkan dengan bahan plastik atau parasut. Meski jas hujan berbahan parasut dilapisi oleh filamen keda air, namun lama-lama filamen ini akan terkikis juga. BAhan PVC memiliki kerapatan yang lebih baik dari plastik biasa, sehingga aman dari guyuran hujan deras dan awet.

Dipres, Bukan Dijahit

Pilihlah model jas hujan yang menggunakan metode pres dalam menyambungkan bagian-bagiannya. JAs hujan yang dijahit akan lebih mudah sobek, dan celahnya akan membuat air merembes ke badan kita.

Perhatikan Resletingnya

Jika menggunakan resleting di bagian depan, pastikan resletingnya kuat dan rapat saat ditutup. Resleting yang jelek akan membuat jas hujan lekas rusak alias tidak bisa dipakai lagi.

Pilih Warna yang Terang

Berkendara saat hujan beresiko untuk menimbulkan kecelakaan, karena pandangan yang kabur terhalang air hujan. Untuk menyiasatinya, kenakanlah jas hujan dengan warna yang terang. Selain melindungi tubuh dari guyuran hujan, jas hujan berwarna terang juga dapat meningkatkan keamanan kita saat bekendara. Pilih warna yang mencolok seperti hijau stabilo, biru dan pink menyala agar pengendara lain mengetahui keberadaan Anda.

Itulah tips-tips memilih jas hujan yang baik yang dapat Anda gunakan sebelum membeli jas hujan. Selamat mencoba!

Leave a Comment