Cara Menambah Berat Badan secara Alami

Mempunyai berat badan yang ideal merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Bonus lainnya, membuat penampilan menjadi terlihat lebih baik. Berat badan ideal bukan berarti kurus langsing. Namun sesuai dengan tinggi badan masing-masing orang.

Ada yang yang untuk mencapai berat badan idealnya harus diet agar berat badannya turun. Namun ada juga yang harus diet menaikkan berat badan. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan berat badan:

Tambah Porsi Makan

Cara mudah menaikkan berat badan adalah dengan menambah porsi makan. Meskipun begitu jangan lupa untuk tetap memperhatikan keseimbangan gizi. Hal yang sering terjadi dimasyarakat adalah banyak konsumsi karbohidrat namun mengurangi serat. Ini merupakan konsep yang salah. Sebab serat juga mempunyai peran yang penting untuk mempertahankan kesehatan kolon.

Kunyah Makanan Sampai Halus

Mengunyah makanan sampai halus dapat membantu penambahan berat badan. Sebab dapat memperbudah tubuh dalam mencerna zat-zat makanan yang dikonsumsi.

Hindari Minum Sebelum Makan

Minum sebelum makan akan membuat perut terasa kenyang sebelum makan. Sehingga menyebabkan keinginan untuk makan menjadi berkurang. Akhirnya porsi makan menjadi berkurang.

Sering Ngemil

Menambah porsi makan dapat dilakukan dengan cara menambah frekwensi ngemil. Usahakan ngemil makanan yang mengenyangkan. Ngemil makanan yang diolah dengan cara digoreng juga dapat meningkatkan asupan trigliserida dalam tubuh. Apabila kebutuhan trigliserida dalam tubuh sudah cukup, maka trigleserida ini akan disimpan dalam tubuh berupa lemak.

Hindari Minuman Berkafein

Minuman berkafein bukan hanya kopi saja. Teh dan coklat juga merupakan minuman yang mengandung kafein. Bahkan dibadingkan kopi, teh mengandung kafein yang lebih tinggi. Kafein pada kopi hanya sekitar 2%, sedangkan pada teh sekitar 4%. Kafein yang terkandung dalam minuman bertindak sebagai penahan nafsu makan. Pada kopi, kandungan asam dapat meningkatkan asam lambung. Akibat selanjutnya adalah munculnya penyakit maag yang dapat menyebabkan turunnya nafsu makan.

Olahraga yang Cukup

Menaikkan berat badan bukan berarti tidak boleh berkeringat. Selama ini anggapan di masyarakat menyebutkan bahwa berkeringat ini membakar lemak yang nantinya akan menyebabkan kurus. Kenyataannya tidak begitu. Berkeringat tidak hanya membakar lemak, namun juga menghilangkan toksik-toksik dari dalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Leave a Comment