Tips Sehat dan Praktis Saat Bepergian Bagi Muslimah

Terkadang muslimah yang bepergian kurang mempersiapkan diri untuk perjalanan, baik jarak dekat maupun jarak jauh. Akibatnya, tubuh tidak fit dan banyak kendala yang timbul akibat kurang persiapan. Oleh karena itu, mempersiapkan diri sebelum bepergian sangat penting bagi muslimah.

Hal ini karena muslimah memiliki kebutuhan yang berbeda dengan pria yang serba simpel dan praktis. Jika diibaratkan, pria hanya butuh pakaian yang melekat di badan dan dua baju ganti plus jaket sudah cukup untuk bepergian selama 3 hari. Membawa 1 ransel sedangpun sudah cukup. Namun, akan jauh berbeda dengan barang bawaan muslimah yang cenderung banyak, bermacam-macam dan terkesan repot sekali. Sebenarnya, segala kerepotan tersebut bertujuan hanya untuk mempermudah dan tidak menamah kerepotan berikutnya.

Misalnya soal pakaian. Kebutuhan muslimah tak hanya selembar pakaian saja. Selain pakaian masih ada jilbab, ciput, manset, kaos kaki, pakaian dalam, dan sebagainya. Itu baru pakaian, belum lagi soal alat mandi, kosmetik, dan sebagainya juga tak kalah banyak. Jika ada satu saja yang ketinggalan, pasti akan tambah repot jadinya.

Oleh karena itu, sebaiknya muslimah dapat mempersiapkan tubuh supaya sehat dan fit, serta mempersiapkan perlengkapan supaya perjalanan jadi praktis dan nyaman. Berikut tipsnya.

1. Persiapan Tubuh

Sebelum bepergian, apalagi bepergian jauh, kondisikan badan supaya tetap sehat selama di perjalanan. Istirahatlah yang cukup menjelang hari keberangkatan. Tubuh yang letih akan mudah mengalami penurunan kondisi tubuh dan dapat menimbulkan mabuk perjalanan. Usahakan tidak begadang semalam sebelum berangkat.

2. Persiapkan Barang Bawaan

Pada prinsipnya, bawa barang yang diperlukan selama perjalanan maupun di tempat tujuan secukupnya namun lengkap. Apalagi jika Anda tak mau repot membeli ini itu yang sebenarnya bisa dibawa dari rumah.

Kemas barang bawaan Anda dengan rapi, usahakan membawa satu tas besar ketimbang membawa beberapa tas kecil yang akan membuat Anda tidak praktis. Bawalah obat-obatan yang Anda perlukan untuk berjaga-jaga. Untuk memudahkan mengecek barang bawaan, buatlah daftar barang bawaan sehingga tidak ada yang terlupa. Ketinggalan peniti atau jarum pentul bisa sangat mengganggu, lho.

Untuk melancarkan ibadah, jangan lupa membawa alat sholat seperti mukena dan sajadah.

3. Bawa Air Minum

Air adalah kebtuhan penting yang harus tersedia saat muslimah melakukan perjalanan. Jaga kesegaran tubuh dengan membawa air minum yang cukup sehingga kesehatan Anda akan lebih terjaga dan terhindar ari dehidrasi selama di atas kendaraan.

4. Gadget dan Perniknya

Saat ini gadget memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan modern dan mobile. Terutama untuk muslimah, gadget penting untuk memberi kabar pada keluarga dan teman dimana posisi berada dan sewaktu-waktu membutuhkan bantuan. Jangan lupa membawa ponsel, lengkap dengan charger, powerbank, dan kabel data (jika perlu). Bila ada, bawalah satu handphone cadangan yang berdaya baterai kuat sehingga dapat digunakan kala darurat dan ponsel utama lowbat. Simpan nomor-nomor penting supaya mudah menghubungi keluarga/teman.

5. Pilih Moda Transportasi yang Aman dan Nyaman

Jika Anda lebih nyaman menggunakan kereta, jangan memaksakan diri untuk menggunakan bus. Apalagi bagi seorang muslimah, keamaanan haruslah menjadi prioritas dalam melakukan perjalanan.

6. Pergi Bersama Mahram atau Rombongan

Muslimah memang dianjurkan pergi bersama mahram, supaya ada yang melindunginya dari bahaya. Namun, jika tak ada mahram yang mengantar, maka dianjurkan bepergian dengan rombongan minimal 3 orang. Hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat bepergian bagi para muslimah.

Demikian tips sehat dan praktis bepergian untuk para muslimah. Niatkan perjalanan Anda untuk tujuan yang baik-baik dan selalu berdzikir kepada Allah supaya selalu dalam perlindungan Allah SWT. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment