Inilah Penyakit Akibat Berlebihan dalam Makanan
Monday, 17 August 2015 (10:03 am) / Kesehatan
detik.com

Dalam A-Quran Allah SWT sudah menjelaskan bahwa Dia tidak menyukai hal-hal yang berlebihan. Sebenarnya apa yang Allah tidak suaki tersebut karena Allah sangat menyayangi manusia. Segala hal yang Allah perintahkan di dunia ini sesungguhnya demi kebaikan manusia itu sendiri.

Salah satunya berlebihan dalam hal makanan. Allah melarang manusia melakukan sesuatu yang berlebihan, termasuk dalam hal makanan. Tenyata, dibalik larangan Allah itu terdapat hikmah dan manfaay yang luar biasa. Allah sendiri memerintahkan untuk makan secukupnya dan juga tidak berlebihan pastilah mempunyai maksud tersendiri.

Sungguh sangat merugi bagi mereka yang tidak taak terhadap perintahNya. Makan dengan berlebihan akan merugikan diri sendiri. Salah satu akibat yang ditimbulkan dari makan berlebihan adalah timbulnya berbagai macam penyakit dalam tubuh. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini penyakit yang disebabkan oleh makan yang berlebihan dalam makanan.

1. Obesitas

Obesitas merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini biasa dialami oleh orang kaya dan pemalas. Penyebab dari penyakit ini karena terlalu banyak memakan makanan yang mengandung gula dan minyak. Khususnya lagi bagi orang-orang yang memiliki predisposisi genetik.

Obesitas pada hakikatnya adalah penyakit yang membatasi ruang gerak dan kemampuan seseorang. Selain itu, ia juga menimbulkan penyakit-penyakit yang berbahaya, seperti : pengerasan (dinding) pembuluh nadi, penyakit kronis pada otot jantung, penyakit gula (diabetes), nyeri akibat serangan jantung dan tekanan darah berlebih. Sekarang, penyakit ini marak terjadi pada orang-orang yang sering berfoya-foya dan berlebihan dalam makan.

2. Batu ginjal

Penyakit ini kebanyakan menimpa orang-orang yang banyak mengonsumsi daging, keju dan susu.

3. Pengerasan dinding pembuluh nadi

Pengerasan dinding pembuluh nadi adalah penyakit berbahaya yang menjangkiti pengonsumsi makanan berminyak. Hal ini disebabkan, mereka mengalami penambahan minyak gula dalam darah.

4. Pirai (Gout)

Penyakit persendian yang datang secara tiba-tiba dan sangat nyeri, khususnya pada ibu jari dan persendin jari. Penyakit ini banyak menimpa orang-orang yang banyak mengonsumsi daging.

5. Gigi rapuh

Gigi rapuh juga termasuk penyakit yang banyak tersebar di masyarakat lantaran terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula pabrikan.
Sumber: Nabi Sang Tabib/Shubi Sualeman/Aqwamedika

Redaktur: Sofyan Hadi

Sebarkan Pada Sesama