5 Cara Mengatasi Sakit Gusi Bengkak

Sakit gusi bengkak seringkali terjadi pada banyak orang, baik yang masih kecil maupun dewasa. Sakit gusi ini sama menyiksanya dengan sakit gigi. Banyak orang yang merasa tidak nyaman karena adanya peradangan di gusi.

Gusi adalah bagian dalam rongga mulut yang berwarna merah muda, tempat tumbuhnya gigi. Gusi merupakan jaringan yan kokoh yang meyelimuti bagian rahang atas dan bawah. Karena letaknya yang menempel gigi, maka gusi bisa menjadi bengkak jika ada sesuatu yang terjadi pada gigi.

Peradangan atau inflamasi pada gusi bisanya meyebabkan warna pada gusi yang sakit lebih merah dari gusi yang sehat. Ada pula bagian yang menonjol, bisa kecil bisa juga besar dan biasanya terdapat nanah di dalamya. Maka dari itu rasanya berdenyut-denyut menyakitkan. Bengkak yang parah membuat bentuk pipi jadi tidak simetris.

Penyebab gigi bengkak ada beberapa macam. Biasanya berkaitan dengan kebersihan mulut, kemudian saki gigi, penggunaan kawat behel, masa kehamilan, kekurangan vitamin dan makanan yang tidak sehat/alergi.

Untuk mengatasi gusi bengkak ada 5 cara yang dapat dilakukan:

  1. Air garam. Langkah pertama untuk mengatasi gusi bengkak adalah dengan menggunakan larutan garam. Masukkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air, lalu gunakan untuk berkumur. Ulangi 3 kali sehari.
  2. Minyak cengkeh. Oleskan minyak cengkeh asli ke bagian gusi yang bengkak. Kandungan dalam minyak cengkeh baik untuk mengatasi gigi bengkak.
  3. Madu murni. Madu murni dapat mengatasi bengkak dengan efektif. Oleskan madu pada gusi yang bengkak, niscaya bengkak akan segera reda. Pastikan Anda menggunakan madu asli.
  4. Jeruk nipis/jeruk lemon. Gunakan air jeruk nipis/jeruk lemon yang telah dicampurkan dalam air untuk berkumur.
  5. Minum banyak air putih. Minumlah banyak air putih untuk mengusir bakteri dan merangsang produksi liur yang dapat membunuh bakteri dalam mulut.

Demikianlah cara mengatasi gusi bengkak. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment