Cara Mudah Mengurangi Asupan Gula Tanpa Terasa

Glukosa merupakan salah satu kebutuhan tubuh. Zat ini biasanya didapatkan melalui asupan sukrosa atau dikenal sebagai gula pasir dalam masyarakat luas. Sayangnya konsumsi gula (lebih tepatnya glukosa) yang berlebihan akan mengakibatkan penyakit degeneratif seperti Diabetes Mellitus tipe 2. Lalu bagaimana cara bijak mengkonsumsi gula?

Berikut ini ada beberapa cara mudah, hidup sehat dengan mengurangi gula tanpa kita merasa sedang diet gula.

Pilih Buah Segar atau Jus Tanpa Gula

Banyak dari kita yang merasa tidak mengkonsumsi gula namun ternyata rajin mengkonsumsi jus buah. Jus buah produk pabrikan sudah dapat dipastikan mengndung gula dan pengawet. Terllau sering mengkonsumsi jus buah ‘instan’ dapat menyebabkan ‘kebobolan’ kadar gula darah dalam tubuh.

Batasi Sereal

Bukan hanya sereal, namun juga minuman yang bahan utama pembuatannya adalah sereal. Sereal memang sepintas tidak manis. Namun apabila dikonsumsi berelbihan dan setiap hari, maka kalorinya akan menumpuk

Tidak Perlu Krimer untuk Teh atau Kopi

Salah satu kebiasaan masyarakat pada umumnya adalah menambahkan krimmer pada minuman. Padahal sebelum ditambahi krimmer, minuman itu sendiri sudah diberi gula hingga manis. Apabila anda bisa mengkonsumsi minuman tanpa krimmer, lebih baik tidak perlu menambahkan krimmer. Sebab senambahan krimmer hanya akan menambah total kalori dalam minuman.

Hindari Minuman Bersoda, Ganti dengan Air Putih

Sumber gula yang tidak banyak disadari oleh masyarakat adalah minuman bersoda. Sebab sebagian besar masyarakat masih berpikir bahwa gula atau glukosa adalah sesuatu yang ditambahkan sebelum minum. Padahal pada industry pembuatan minuman bersoda, sejumlah pemanis sudah ditambahkan.

Konsumsi Pisang Beku Sebagai Pengganti Es Krim

Bagi anda penggemar es krim, ada baiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan (kecuali es krim rendah gula). Mulai ganti dengan makanan yang menyerupai es krim namun lebih sehat. Misalnya pisang beku. Atau mangga beku (dengan catatan mangga tersebut sudah matang saat dibekukan)

Hindari Saus Kemasan

Kita cenderung kurang mengontrol konsumsi makanan kemasan termasuk saus. Padahal salah satu komposisi dari saus kemasan adalah gula. Apabila kita berlebihan mengkonsumsi saus, itu artinya kita juga berlebihan mengkonsumsi gula secara tanpa sadar. Lebih baik menggantinya dengan saus buatan sendiri yang benar-benar kita tahu takarannya.

Leave a Comment